Rahmat Hidayat WSC Saopaulo 2015

Rahmat HidayatDisaat masyakat Indonesia memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI, Mereka tanpa banyak bicara membawa merah putih nun jauh ke Negara paling timur di Amerika Selatan yaitu Brazil. Para pemuda dan pemudi ini mengikuti perlombaan WSC ( World Skill Competition) yaitu sebuah perlombaan skill (kemampuan) anak-anak muda seluruh dunia. Even ini diadakan setiap 2 tahun sekali yaitu pada tahun ganjil di negara-negara yang berbeda. Ada 50 cabang perlombaan yang dipertandingan pada even ini.

Di Indonesia sendiri WSC merupakan even lanjutan dari Perlombaan LKS ( Lomba Keterampilan Siswa ) SMK atau kita lebih sering mengenalnya OSN bagi anak-anak SMA. Pada perlombaan yang dilaksanakan pada tanggal 11-16 agustus 2015 kemarin, kontingen Indonesia mendapatkan satu medali perunggu dan 15 medallion for Excellence. Ditahun ini Indonesia mengirimkan 30 bidang mata lomba terdiri dari 32 competitor dan 30 Expert.

Dikejuruan Electronics Indonesia mengirimkan Rahmat Hidayat sebagai competitor usia 21 tahun lulusan dari SMK N 1 Percut sei tuan Sumatera Utara, Rahmat Hidayat sebelumnya peraih medali emas di Asean skills Competition Vietnam, dan Farid Rinanto usia 24 tahun sebagai Expert/ pembimbing, Farid Rinanto (instruktur Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja BBPLK Bekasi dan Yayasan Matsushita Gobel Panasonic) sebelum diamanahkan negara untuk menjadi expert di Ajang World Skills Competition 2015 di Saopaulo Brazil, dia sebelummnya menjadi competitor yang merai medali emas pada diajang Asean skills competition ASC 2012 Jakarta. ini lah modal awal farid menjadi expert di usia yang paling muda diantara para expert dunia. Dibawah naungan Kementrian Pendidikan Indonesia – Direktorat Pembinaan SMK bekerjasama dengan Yayasan Matsushita Gobel Panasonic Manufacturing Indonesia untuk melakukan pelatihan selama 4 bulan.

Rahmat Hidayat (1)

Acara yang diadakan pada 7 – 16 Agustus 2015 itu, terdiri dari 5 hari diskusi untuk membahas persiapan selama perlombaan, 4 hari acara perlombaan dan 1 hari diskusi membahas persiapan di kompetisi selanjutnya WSC Dubai 2017. skill Electronics diikuti 23 negara dan Indonesia menempati peringkat 6, naik 2 peringkat dari tahun sebelumnya.

world skills competition electronicsworld skills competition electronics 1

Saya ucapkan terimakasih banyak kepada pihak yang telah membantu dalam hal materi, doa dan dukungan kepada kami. Semoga ditahun 2017 kami bisa masuk dalam deretan 3 besar. Aamiin…..

 website world skills : http://www.worldskillssaopaulo2015.com/en/competition/skills/skill/413/